Star Wars Battlefront


Star Wars Battlefront merupakan action shooter game yang dapat dimainkan secara single-player maupun multi-player. Berawal dari Mei 2013, publisher Electronic Arts mendapatkan hak eksklusif untuk membuat game dari franchise legendaris Star Wars. Di tahun yang sama, DICE, Visceral Games, dan BioWare sebagai developer Electronic Arts pun mulai mengerjakan game ini secara bersamaan.

DICE pertama kali membocorkan teaser trailer game ini kepada publik saat sesi press conference Electronic Entertainment Expo 2013 (E3 2013) Game ini dibuat menggunakan Frostbite 3, game engine hasil pengembangan DICE yang digunakan pula untuk membuat serial Battlefield. Pihak DICE menyebutkan bahwa Star Wars Battlefront bukan sekuel dari Battlefront II namun lebih ke reboot dari serial Battlefront. Sebelumnya Battlefront II dikembangkan oleh Pandemic Studios dan Savage Entertainment.


Pada April 2015, Electronic Arts mengumumkan tanggal perilisan Star Wars Battlefront yakni tanggal 17 November 2015, sebulan sebelum perilisan film Star Wars: The Force Awakens ke layar lebar pada 14 Desember 2015.

Pada 8 Oktober lalu, kami pun berkesempatan untuk memainkan versi Beta game ini. Versi beta tersebut bisa dimainkan melalui PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Dengan total size 10 GB, kami men-download melalui Origin. Berikut ini kami suguhkan review game Star Wars Battlefront Beta yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum membeli versi full release-nya.

FIRST IMPRESSION

Saat memasuki Star Wars Battlefront Beta, kami disuguhkan main menu yang sederhana namun terlihat modern. Diiringi musik khas Star Wars sebagai backsound permainan, pemain pun dapat merasakan atmosfer Star Wars yang sangat kental saat baru memulai game ini. Dalam keadaan idle, game ini akan memunculkan footage dari karakter dan kendaraan yang ada di Star Wars, layaknya screen saver.

Selanjutnya, kami mencoba single-player dengan mode survival melawan AI. Mengagumkan, suasana perang bintang di planet benar-benar terasa dengan objek visual pesawat-pesawat luar angkasa yang terlibat baku tembak.


Texture yang disuguhkan game ini juga patut diacungi jempol. Batu-batuan planet, padang pasir bahkan kawah panas berukuran kecil sekalipun mempunyai texture yang sangat detail. Texture tersebut di-setting menggunakan preset grafis high dengan kartu grafis GTX 960.

Beralih ke viewpoint, Star Wars Battlefront ini menawarkan dua pilihan, FPS dan 3rd Person. Pemain dapat menggantinya secara mudah saat melakukan misi, baik single-player ataupun multi-player. Pada keyboard, Anda dapat menekan karakter C untuk men-switch viewpoint FPS dengan 3rd Person. Fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi para pemain yang tidak betah berlama-lama rnemandang game dengan viewpoint FPS.


Setelah menyelesaikan sebuah misi, terdapat poin yang akan pemain peroleh, dan secara otomatis poin tersebut akan berubah menjadi coin. Coin tersebut dapat digunakan untuk membeli senjata dan gadget dalam game multi-player yang disesuaikan dengan level pemain.

Kemungkinan hal ini sengaja disetting untuk menghindari pay for win. Bisa dibayangkan, Anda sudah bersusah payah mengumpulkan coin selama sebulan namun di satu sisi ada pemain baru yang langsung membeli banyak coin agar bisa memiliki senjata super- power. Tidak adil bukan? Maka dari itu dibuatlah sistem, hanya pemain dengan level tinggi saja yang diperbolehkan membeli senjata super-power.

MISSION

Jika Anda bukan penggemar game multi-player,  jangan berkecil hati. Karena Star Wars Battlefront menghadirkan misi-misi yang bisa dimainkan secara single-player atau offline, local co-op hingga online co-op.


Satu-satunya misi single-player dan co-op yang tersedia pada versi Beta adalah Survival Mode. Di sini pemain akan menahan gelombang serangan dari Elite Stormtroopers, AT-ST hingga TIE Fighters. Untuk arena, pemain dapat merasakan semua planet terkenal yang ada di franchise Star Wars, seperti planet Endor dan Hoth.


Lebih lanjut, Star Wars Battlefront ini akan ditambahkan variasi misi pada single-player dan co-op saat versi full release muncul antara lain, Battles, Hero Battles dan Trials. Mendengar adanya mode Hero Battles, para pernain boleh saja berharap bahwa melalui mode tersebut pemain bisa menggunakan karakter Luke Skywalker untuk bertarung secara one vs one dengan Darth Vader.

MULTI-PLAYER

Dengan kemampuan satu room yang mampu menampung hingga 40 user, tentunya multi-player dari Star Wars Battlefront patut untuk ditunggu. Saat versi beta muncul, terdapat dua mode multi-player yang bisa dirnainkan, yaitu Drop Zone dan Walker Assault.

Drop Zone rnemiliki gameplay capture and defend. Terdapat dua tim bernama Rebel dan Imperial memperebutkan pod yang jatuh secara random di sebuah planet, dan rim dengan perolehan pod terbanyak akan menjadi pemenang.


Sementara itu, Walker Assault memiliki gameplay menyerang dan melindungi AT-AT. Pada mode ini terdapat pesawat, machine gun hingga AT-ST yang dapat digunakan untuk perang. Selain itu, terdapat juga hero power-up yang tersebar secara random di arena. Pemain yang berhasil menemukan power-up tersebut dapat berubah menjadi Luke Skywalker atau Dart Vader.

Meski hanya versi beta namun multi-player Star Wars Battlefront memiliki server yang sangat stabil. Dengan speed Internet 512 KB/s, sepanjang permainan kami hampir tidak menemui lag. Anda juga tidak perlu repot mencari room kosong dengan ping rendah karena sistem secara otomatis akan mencari room terbaik agar dapat dimainkan secara lancar (matchmaking).


Selain dua mode pada versi beta tersebut, terdapat pula mode pada versi full release seperti Fighter Squadron, Supremacy, Cargo, Droid Run hingga Blast. Semuanya, memiliki gameplay spesial yang berbeda-beda sesuai dengan selera pemain. Jika Anda menyukai gameplay yang menggunakan kendaraan atau pesawat maka Anda dapat memilih Fighter Squadron. Sementara jika Anda menyukai gameplay shooter tanpa henti maka pilihlah mode Deathmatch Blast.

9/10 “IT’S OKAY”

Star Wars Battlefront yang menyuguhkan game single-player dan multiplayer dengan nuansa perang bintang ini dapat dinikmati oleh seluruh penikmat game baik itu penggemar franchise Star Wars maupun bukan. Dengan mode gameplay yang variatif, ditambah dukungan matchmaking yang stabil, tentunya game ini layak masuk dalam library game Anda. Dengan harga US$70, Star Wars Battlefront sudah bisa di pre-order melalui Origin, dan telah dirilis pada 17 November 2015 yang lalu. So, are you rebel or imperial?

(+) Mode gameplay yang variatif
(-) –

Spesifikasi Minimum
OS : Windows 7 64-bit
Processor : Intel i3 6300
Memory : 8 GB RAM
Graphics : GeForce GTX 660 / Radeon HD 7850
Hard Drive : 40 GB available space
Online Connection Requirements : 512 Kbps

Sumber : PC Media Magazine

Comments

Popular posts from this blog

Game Tahu Bulat : Game Lokal yang Geser Peringkat Clash of Clans

Review Rise of The Tomb Raider

Fitur Baru di Android Marshmallow