Hardware Test : INTEL CORE i7-6700K (Intel i7 Generasi ke 6)


 Kemasan box

Processor Intel Core i7-6700K akhirnya sampai di meja pengujian kami. Processor ini merupakan seri flagship dari processor generasi ke-6 Intel yang juga dikenal dengan sebutan Skylake.

Dari segi fitur sebetulnya banyak sekali perubahan yang diterapkan pada Skylake namun terdapat perubahan mayor yang menjadi kunci peningkatan performa dibandingkan generasi processor sebelumnya. Intel Skylake hadir dengan Full Range Base Clock {BCLK} yang memberikan keleluasaan pada user dengan rentang nilai BCLK yang lebih luas, yakni 90 MHz hingga 200 MHz. Perlu diketahui pada Haswell nilai BCLK dibatasi dengan nilai BCLK ratio, yakni 1x, 1.25x, 1.67x.


Selain perubahan pada konfigurasi overclock, Intel juga menghilangkan fitur FIVR {Fully Integrated Voltage Regulator}, yaitu regulator tegangan yang terintegrasi pada processor. Pada Skylake, VRM sepenuhnya kembali ditangani oleh motherboard sehingga proses overclocking secara ekstrem dapat dilakukan kembali.

Intel Skylake merupakan tahapan “Tock” dari nomenklatur processor Intel yang berarti peruhahan dan pembaruan teknologi mikroarsitektur. Ini artinya Intel Core i7-6700K hadir dengan mikroarsitektur terbaru dengan sistem pabrikasi 14 nm. Tahapan tock ini pula mengindikasikan absennya kompatibilitas dengan generasi sebelumnya. Pcrlu diketahui, Skylake menggunakan dukungan socket LGA 1151 untuk versi desktop.

 Menggunakan Socket LGA 1151

Processor ini nantinya juga akan mendukung beberapa seri chipset yang akan hadir terintegrasi bersama motherboard. Setidaknya, terdapat enam seri chipset yang dibedakan berdasarkan fitur dan kemampuannya, diantaranya H110, B150, Q150, H170, Q170 dan Z170.

Dari segi performa, kemampuan processor ini meningkat sangat signifikan dari generasi sebelumnya, tidak hanya dari sisi kornputasinya namun juga kemarnpuan IGP-nya. Dibanding Intel HD 4000 Series, kemampuan IGP pada Skylake ini meningkat hingga 1.5x lipat.

(+) Performa tinggi, IGP meningkat
(-) Harga terbilang mahal

Produk/Data Test

Harga : Rp5000.000,-
Manufaktur : Intel
Website : www.intel.com
CPU Type : Processor Intel Core i7-6700K
CPU Alias : Skylake
Original Clock : 4,2 GHz
CPU Core on Die : Quad core processor
Socket Type : LGA 1151
Process Technology : 14nm
TDP : 91 Watt


Sumber: PC Media Magazine

Comments

Popular posts from this blog

Game Tahu Bulat : Game Lokal yang Geser Peringkat Clash of Clans

Review Rise of The Tomb Raider

Fitur Baru di Android Marshmallow