11 Alasan Kenapa Harus Memilih iOS 9


Bagi Anda yang setia dengan iPhone, tentunya masih memiliki kenangan indah akan iPhone OS - nenek moyang sistem operasional Apple, iOS. Tentu, pada awalnya OS jadul ini tidak memiliki multitasking, tidak memiliki fungsi Copy Paste, dan Anda bahkan tidak bisa memilih wallpaper. Namun, bagaimanapun kemudahan penggunaan adalah faktor yang tak tertandingi. Tak perlu dikatakan, OS Apple telah berkembang secara drastis sejak saat itu, dengan masih didasarkan pada prinsip utama menjaga kesederhanaan dan intuisi.

Melompat ke saat ini, iOS 9 - versi terbaru dan terhebat dari iOS, telah diumumkan pada bulan Juni tahun ini. Tapi karena kesabaran adalah sesuatu yang jarang dimiliki oleh para pecinta gadget, kita sudah memiliki Gold Master build dari iOS 9 dan berjalan pada iPhane 6. Lalu, apa saja yang membuat iOS terbaru ini begitu menggiurkan?

Sangat ‘Familiar’

Setelah menginstal iOS 9 pada iPhone 6, fitur ‘Lock’ dan ‘Home Screen’ menyambut. Tidak ada yang tampaknya telah berubah - shortcut kamera, jam, Control Center dan Notification Center masih di tempat biasa. Tapi bila dilihat lebih dekat, dan membandingkannya dengan iOS 8.4, bisa dilihat perubahan halus dalam font yang digunakan. iOS 9 menggunakan San Francisco sebagai font default UI, yang merupakan perubahan dari Helvetica Neue.


Apakah ini masalah besar? Tidak sama sekali. Perbedaan tipografi keduanya hampir tak terlihat. Tetapi dalam hal apapun, teks dalam iOS 9 masih mudah dibaca bahkan pada ukuran kecil. Sementara tidak menambahkan banyak pilihan kustomisasi, iOS 9 membawa cache wallpaper baru, yang dirancang khusus untuk layar perangkat iOS. Selain itu, berbagai wallpaper dinamis telah diperluas, dan jika itu tidak cukup, pengguna diberi kebebasan untuk mengubah Live Photo menjadi wallpaper yang dinamis.

Level ‘Spotlight Search’ dan ‘Suggestion’ Meningkat

Segera setelah beralih ke iOS 9, Anda akan melihat Spotlight Search telah mendapatkan upgrade. Seperti biasa, sebuah swipe-down akan memunculkan search bar, dan sekarang, app suggestions juga muncul di bawahnya. Ini adalah aplikasi yang telah diinstall dan sering digunakan, yang membuat fitur aplikasi saran sangat berguna : berdasarkan lokasi dan waktu (hari), serta bebrapa faktor lainnya. Misalnya, jika Anda memiliki permainan favorit di malam hari, maka itu akan terdaftar di sana pada waktu yang tepat. Jika Anda pasang di headphone, aplikasi Music akan menjadi salah satu saran teratas.


Berbicara tentang Search, fitur ini sekarang memiliki kemampuan menggali melalui aplikasi pihak ketiga. Hasil pencarian yang ditampilkan adalah yang paling dalam terkait dengan resep, dan akan membawa Anda langsung ke halaman resep. Hal baru yang hadir juga termasuk jendela Search yang diposisikan di sebelah  kiri layar. Di satu sisi, rasanya sedikit berlebihan mengingat Search maupun Spotlight melakukan hal yang sama. Di sisi lain, jendela Search baru juga memiliki kemampuan untuk menampilkan rekomendasi berbagai hal seperti restoran dan toko-toko di dekatnya.

‘Siri’ Lebih Cerdas, Lebih Sadar Konten dan Lokasi

Siri telah menjadi fitur berguna iOS bahkan sejak diperkenalkan, dan dengan iOS 9, daftar aksi yang dapat Anda lakukan dengan bantuannya telah berkembang lebih jauh. Dia sekarang lebih sadar akan konten yang Anda lihat, yang sangat berguna ketika mengatur pengingat. Misalnya, jika Anda melihat halaman web, pesan atau email, perintah seperti ‘ingatkan saya ini di malam hari’ akan mengatur pengingat berdasarkan konten yang dilihat. Dia juga sadar lokasi. Jika Anda bertanya padanya untuk mengingatkan Anda mencuci piring ketika tiba di rumah, itulah yang akan dia lakukan.


Sadar waktu dan lokasi juga dapat berguna ketika mencari konten. Secara khusus, Anda mungkin berkata ’tunjukkan foto yang saya ambil di ltalia tahun lalu'. Tentu saja, hasil pencarian dari kedua perpustakaan lokal dan iCloud akan ditampilkan. Sepeti dikatakan oleh Apple, asisten terbaik adalah asisten proaktif yang harus dapat mengantisipasi kebutuhan Anda dan bertindak sesuai perintah. Dan, dengan iOS 9, Anda akan bisa menikrnati banyak bantuan dari Siri dan sistem operasi. Jika Anda meluncurkan aplikasi yang sama setiap pagi, shortcut untuk aplikasi tersebut akan muncul di sudut layar terkunci.

NEWS – Tempat Mencari Berita Terbaru

NEWS adalah sebuah aplikasi Apple yang debut dalam iOS 9. Ini adalah persis apa yang tersirat dari namanya – tempat untuk mengejar ketinggalan pada berita terbaru dan membaca artikel tentang hal-hal yang penting bagi Anda. Meyiapkan NEWS adalah proses cepat dan mudah. Singkatnya, Anda hanya diminta untuk memilih publikasi dan topik yang ingin Anda ikuti. Anda dapat mengedit preferensi di lain waktu jika Anda memilih untuk itu. Apa yang tidak bisa Anda lakukan, di sisi lain, adalah menambahkan publikasi yang belum bermitra dengan Apple.


Dari semua, NEWS adalah aplikasi yang rapi. Begitu masuk feed pribadi, Anda akan disajikan dengan headline dalam urutan kronologis, bersama dengan ringkasan dan sebagian besar gambar ilustrasi. Ketika membuka sebuah artikel, penataan disana sudah dilakukan agar mudah dibaca, lengkap dengan gambar untuk mendukung sebagian besar cerita. Anda dapat membuat penunjuk artikel, menambahkannya ke catatan atau daftar bacaan, atau berbagi dengan teman-teman Anda.

Apple Maps Tambahkan Rute Transit Kota-kota Besar

Ada banyak yang bisa disukai tentang iOS, tetapi ada juga daerah di mana platform ini masih mengejar kompetitornya. Menambahkan rute angkutan umum ke Apple Maps adalah contoh yang terbaru. lni adalah tambahan yang bagus, dan tentu saja, telah dilakukan dengan baik. Fitur ini telah men-support semua rute bus, kereta api, kereta bawah tanah, dan feri. Rute-rute ini menggunakan kode warna dan label yang jelas. Berbagai petunjuk arah diletakkan langkah demi langkah, dengan perkiraan waktu untuk bagian-bagian dari rute. Tapi ada banyak area yang belum bisa di-cover oleh Apple Maps, seperti angkutan yang hanya tersedia sebagian kota-kota besar pada saat ini.



Mengenai transit, Apple Maps telah memiliki kemampuan pencarian yang diperluas. Anda sekarang dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat sekitar dengan kategorisasi dimasukkan dari dalam hasil pencarian. Setelah menemukan tempat yang menarik, fitur ini akan menunjukkan apakah Apple Pay tersedia atau tidak di tempat tersebut.

Notes yang Di-Upgrade

Pengguna lama iOS tentu akan akrab dengan aplikasi Notes di iOS 9 yang sudah disuguhi upgrade yang bagus. Apa yang benar-benar menarik tentang ini adalah sekarang pengguna dapat dengan mudah menambahkan daftar dan sketsa jari untuk setiap catatan yang diberikan. Menambahkan tombol format juga dipersilahkan.


Dan yang tidak kalah penting, sekarang pengguna dapat mengubah konten dari aplikasi lain ke dalam Notes. Ini bisa dilakukan untuk halaman web, pesan, foto, lokasi di Apple Maps, dan apa pun yang dapat Anda akses melalui lembar share iOS.

Pesan dan Keyboard

Beberapa hal tentang keyboard iOS telah berubah. Pertama adalah kunci/lock yang sekarang dinamis – beralih antara huruf besar dan huruf kecil tergantung pada huruf yang akan dimasukkan. Hal ini membuat mengetik lebih intuitif dan nyaman, terutama ketika Anda memasukkan password. Sebuah perbaikan berguna adalah penambahan fungsi trackpad – menekan dua jari pada keyboard memungkinkan Anda memindahkan kursor dan menandai teks seperti jika Anda menggunakan trackpad Mac. Namun, fitur ini hanya akan tersedia pada iPad saja.


Memang fitur ini pernah muncul saat awal peluncuran iOS beta untuk iPhone, namun sejak saat itu telah dihapus karena masalah kegunaan. Di antara fasilitas yang ada, beberapa hanya akan Anda temukan di iPad, antara lain Cut, Copy, dan Paste, memungkinkan kita untuk memanipulasi teks lebih mudah dari sebelumnya. Selain itu, tombol format telah ditambahkan ke bar saran kata untuk kenyamanan.

Multitasking Memukau (iPad)

Berbicara tentang multitasking, iOS 9 membawa daftar ’recent apps’ yang didesain ulang. Sayang desain baru ini hanya menunjukkan sebagian dari snapshot aplikasi karena tata letak yang ditumpuk. Anda tidak mendapatkan ikon aplikasi besar sepert dulu, Anda tidak dapat mengakses kontak Anda baru – baru  ini dan favorit seperti sebelumnya, dan membalik –balik  aplikasi tidak se-simple pada iOS 8.


Perubahan yang sangai besar dalam multitasking akan datang bagi para pengguna iPad yang diupgrade ke iOS 9. Pengguna akan bisa menikmati multitasking side-by-side yang tepat dengan dua aplikasi yang aktif pada saat yang sama. Bagairnana melakukannya? Geser dari tepi kanan layar iPad dan Anda akan berada pada apa yang disebut modus Slideover, yang memungkinkan Anda untuk mengintip aplikasi baru dan berinteraksi dengannya. Tekan pada sekat yang memisahkan keduanya dan Anda akan memasukkan multitasking Split Screen, dengan kedua aplikasi berjalan secara bersamaan.

Sayang Split Screen hanya akan datang ke iPad 2 dan model baru iPad. Slideover akan tersedia di iPad Air, iPad Mini 2 dan iPad baru. Tidak semua aplikasi akan mendukung multitasking, tapi Apple meyakinkan jika pengembang akan dapat dengan mudah menambhakan fitur multitaksing untuk perangkat lunak mereka.


Berbicara tentang multitasking, iOS 9 telah memperoleh dukungan untuk fungsi picture-in-picture. Misalnya saat Anda menikmati video dan pemberitahuan baru muncul. Jika menekan pemberitahuan, Anda akan dibawa ke aplikasi yang mengirim, tapi video Anda akan terus berjalan dalam jendela kecil dan bisa digerakkan.

Performa dan Benchmark

Dengan banyaknya perbaikan fungsional utama dalam iOS 9, apakah kinerja platform versi baru ini tidak akan terganggu? Untuk menjawab pertanyaan ini, beberapa benchmark pernah dilakukan pada dua unit iPhone 6, satu yang menjalankan iOS 8.4 dan lainnya iOS 9 Gold Master.


Hasil dari sesi pengujian cukup variatif, dengan bebrapa tes menunjukkan kinerja yang menurun, yang lain menunjukkan peningkatan, dan kemudian ada tolak ukur yang kembali pada skor identik. Apple tidak mencatat iOS 9 meningkatkan kinerja dan efisiensi secara keseluruhan, tetapi peningkatan ini bisa menjadi mustahil untuk diukur dengan aplikasi patokan umum.

Baterai

Untuk sebagian besar, berapa lama iPhone Anda bertahan tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya dan bagaimana Anda melakukan konfigurasi. Dan dalam kasus tertantu, kita tidak melihat banyak perbaikan, meskipun dalam teori iOS 9 seharusnya lebih efisien, menggunakan daya kurang dari sebelumnya untuk tugas-tugas tertentu. Berbicara tentang kekuatan baterai, ada layar Battery khusus di menu pengaturan iOS 9, di mana Anda dapat melihat aplikasi mana yang menghisap daya terbesar.


Hal ini juga di mana Low Power mode baru dapat diaktifkan. Yup, ada modus hemat daya di iOS 9, dan bekerja dengan mengurangi kecerahan layar, membatasi aktivitas aplikasi latar belakang, dan mengelola konektivitas. Tapi Anda tidak perlu mengaktifkannya secara manual setiap kali baterai menurun. Setelah mencapai tanda 20%, iOS akan menanyakan apakah Anda ingin fitur ini diaktifkan atau tidak.

Optimasi Ruang Penyimpanan dan Pemangkasan Aplikasi

Ruang penyimpanan adalah salah satu hal yang tidak pernah cukup. Itu sebabnya pengguna akan cukup senang iOS 9 mengurangi ruang yang ditempati oleh aplikasi yang telah diinstal melalui metode yang disebut App Thinning.


Pada dasarnya, ketika menginstall sebuah aplikasi, hanya daya perangkat tertentu yang akan diminta. Setidaknya itulah teorinya. Membandingkan beberapa aplikasi populer berdampingan, kedua aplikasi pihak ketiga dan besutan Apple sendiri, dan tidak terlihat perbedaan dalam jumlah ruang yang mereka butuhkan.

Kesimpulan

Kita bisa memulai dengan mengungkap apa yang iOS 9 tidak lakukan. Perangkat lunak baru ini tidak revolusioer, itu sudah pasti, karena sebagian besar fitur telah tersedia pada platform lain untuk sementara waktu, dalam satu bentuk atau lainnya. Hal ini tidak sempurna karena ada beberapa hal yang tidak bisa kita sukai, seperti opsi pencarian berlebihan, daftar aplikasi terbaru yang didesain ulang, dan aplikasi News yang tidak cukup sempurna.


Sementara itu di sisi lain Apple telah membuktikan dirinya untuk menjadi cepat saat membenahi sekaligus memoles perangkat lunak mereka, dan tidak lama lagi potensi sesungguhnya dari iOS 9 akan bersinar.


Sumber : BestPhone Magazine

Comments

Popular posts from this blog

Game Tahu Bulat : Game Lokal yang Geser Peringkat Clash of Clans

Review Rise of The Tomb Raider

Fitur Baru di Android Marshmallow