PRO EVOLUTION SOCCER 2016 (PC, PS4, XBOX ONE)



Jika beberapa hari yang lalu kami telah mengulas secara lengkap tentang FIFA 16 maka kali ini kami akan mengulas secara lengkap sang rival yaitu Pro Evolution Soccer 2016.

Quarter ke-3 di tahun 2015 telah tiba. Ini artinya, developer game asal Jepang Konami kembali merilis game olahraga andalan mereka, Pro Evolution Soccer. Secara kebetulan perilisannya di tahun ini bertepatan dengan hari jadi PES yang ke-20. Tidak terasa, sudah 20 tahun game sepak bola buatan Konami ini menghibur para fans-nya, dan kini Pro Evolution Soccer 2016 siap menghibur Anda melalui console maupun PC.


Dimulai dari menu utama, interface yang dihadirkan PES 2016 tidak jauh berbeda dengan PES 2015. Terdapat submenu UEFA Champions League dan UEFA Europa League pada halaman menu Home. Konami masih mendapatkan lisensi dua kejuaran terbesar di Eropa tersebut. Artinya, pemain masih bisa merasakan sensasi bermain di UEFA Champions League dan UEFA Europa League pada PES 2016.

Sementara itu menu setting pertandingan pada PES 2016 masih tidak jauh berbeda dengan PES 2015. Melalui gameplan, pemain bisa memilih formasi dan strategi secara default, otomatis hingga manual. Adapun bagi pemula yang baru memainkan PES, terdapat tutorial pada pengaturan manual yang menjelaskan semua fungsi-fungsi dari fitur yang tersedia di gameplan.


Perlu diingat, sejak PES 2014 ke atas, Konami telah memaksimalkan controller Xbox secara keseluruhan. Semua tombol yang tersedia pada controller Xbox mempunyai kegunaan masing-masing. Jika Anda menggunakan gamepad yang biasa maka akan ada tornbol gamepad yang tidak berfungsi. Fungsi fatal yang paling berpengaruh adalah fungsi untuk mengatur arah freekick. Pemain memang bisa mengganti fungsi tersebut ke tombol lain namun akan ada fungsi lain yang harus dikorbankan.

Berbicara mengenai kontrol permainan, PES 2016 patut untuk diancungi jempol. Biasanya, saat pertama kali pemain mencoba PES versi terbaru, mereka perlu melakukan adaptasi terlebih dahulu namun hal ini tidak terjadi dengan PES 2016. Kontrol yang dihadirkan cukup nyaman meski pada game speed 0. Pemain yang Anda gerakkan pun tidak akan mudah jatuh, merespon super lambat, ataupun berlari terlalu cepat.


Tertarik? PES 2016 dibanderol dengan harga 740.000 rupiah, dan dapat dibeli secara online (Steam atau PlayStation Store) maupun offline melalui game store.

(+) Kontrol pemain yang cukup nyaman pada game speed 0
(-) Penjaga gawang masih sering melakukan blunder


Data Teknis / Spesifikasi Minimum
OS : Windows 10 / 8.1 / 8 / 7 SP1 / Vista SP2
Processor : Intel Core 2 Duo
Memory : 1 GB RAM
Graphics : GeForce 8800 / Radeon X1600 / Intel HD 3000
DirectX : Version 9.0c
Hard Drive : 9 GB
Perusahaan : KONAMI
Harga : Rp740.000,-


Sumber : PC Media Magazine

Comments

Popular posts from this blog

Game Tahu Bulat : Game Lokal yang Geser Peringkat Clash of Clans

Review Rise of The Tomb Raider

Fitur Baru di Android Marshmallow