nVidia GeForce GTX 950 Memenuhi Ekspektasi Para Gamer




Akhirnya VGA yang ditunggu-tunggu oleh para gamer, telah resmi dirilis oleh nVidia. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba me review performanya, serta membandingkan dengan beberapa VGA generasi sebelumnya.

Pada hari kamis tanggal 20 Agustus 2015, secara resmi nVidia meluncurkan sebuah produk graphic card seri Geforce GTX 950. VGA tersebut masih menggunakan arsitektur maxwell yang sekitar satu setengah tahun lalu telah hadir di dalam seri GeForce GTX 750, serta masih menggunakan GPU GM206 yang juga menjadi basis GeForce GTX 960. Hanya saja TDP nya jauh lebih rendah GeForce GTX 950 yang hanya 90w dibandingkan dengan GeForce GTX 960 yang mempunyai TDP l20w. Jika dilihat dari Spesifikasi yang digunakan sebenarnya VGA ini memang sangat mirip dengan GeForce GTX 960 karena sama-sama menggunakan arsitektur Maxwell 2, hanya saja untuk GeForce GTX 950 mempunyai Cuda Core lebih sedikit yaitu hanya mempunyai 768 Cuda Core saja. Namun untuk spesifikasi krusial lainnya selain core clock dan Memory clock seperti besar bit dan besaran kapasitas kedua VGA ini identik. Secara fisik ukuran kartu grafis ini mempuyai dimensi PCB yang kurang lebih sama dengan seri GeForce GTX 750 TI.


Jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, maka GeForce GTX 950 ini akan lebih cocok untuk bermain game dengan resolusi HD saja, dibandingkan memainkan game dengan resolusi 4K. Menurut nVidia, VGA ini mempunyai performa 3x jika dibandingkan GeForce GTX65O yang beberapa waktu lalu sempat jadi idola gamer mainstream gamer dikarenakan price per performance nya yang ok punya serta sanggup untuk memainkan game berat seperti The Witcher 3, Heroes of the Storm, FarCry 4 serta Project Cars. Secara khusus pun kami mencoba memainkan game Metro Last Light dengan setingan medium pun game tersebut masih dapat berjalan secara lancar dan tanpa lag. Sehingga menurut kami beda 30w TDP antara Geforce GTX 750Ti dibandingkan dengan GeForce GTX 950 sangatlah sepadan.

Respon Gamer
            
           Di bulan Agustus ini sepertinya para gamer dunia dan lndonesia pada khususnya dimanjakan sekaligus dibuat bimbang dengan diluncurkannya Intel soket 1151 pada awal Agustus ini padahal beberapa hari sebelumnya, Microsoft juga akhirnya merilis secara resmi Windows 10 dengan dukungan DirectX 12. Hal ini tentu membuat bimbang beberapa gamer dengan budget yang terbatas. Di satu sisi tertarik untuk merasakan performa DDR4, namun dengan hadirnya DirectX 12 pastilah membuat gamer lebih tertarik untuk mengupgrade VGA dibandingkan mengupgrade Motherboard, Prosesor dan RAM sekaligus mengingat kurs hampir mendekati 14.000 Rupiah per 1 Dollar nya. Ditambah lagi Motherboard serta Prosesor untuk soket 1151 pun belum banyak beredar di Indonesia. Sehingga opsi upgrade pun sepertinya akan marak di sektor VGA hingga akhir tahun ini.

Performa
            
           Sangat mengejutkan ketika kami mencoba mengkomparasikan 4 buah VGA untuk melihat perforrna dari GeForceGTX 950 ini. Di beberapa pengujian GeForce GTX 950 sanggup rnenghajar skor GeForce GTX 760 dengan selisih tipis namun meyakinkan. Diantaranya pada saat pengujian 3D Mark Firestrike dan di semua game test GeForce GTX 950 lebih unggul dibandingkan GeForce GTX 760. Namun, pada saat pengujian menggunakan HWBOT Unigine Heaven Benchmark, GeForce GTX 760 mampu lebih unggul dibandingkan GeForce GTX 950. Sedangkan skor GeForce GTX 750 serta GeForce GTX 960 disini hanyalah sebagai pembanding saja serta sengaja kami tidak menyertakan VGA dari AMD dikarenakan ingin melihat dari satu dahulu bagaimana performa dibandingan seri pendahulunya dan yang setingkat diatasnya. Sehingga pembaca lebih mampu melihat performa GeForce GTX 950 secara obyektif.
            
          Beberapa game test yang kami gunakan menggunakan metode sama dengan yang kami gunakan untuk test individu hardware, sehingga kami mengambil nilai rata-rata frame per second dari vga tersebut. Driver yang kami gunakan adalah DriverForceware 355.65 yang diluncurkan nVidia bertepatan dengan hadirnya nVidia GeForce GTX 950 ini.

Benchmark

            
          Untuk lebih jelasnya kami sajikan dalam tabel sebagai berikut:


Sumber: CHIP Magazine

Comments

Popular posts from this blog

Game Tahu Bulat : Game Lokal yang Geser Peringkat Clash of Clans

Review Rise of The Tomb Raider

Fitur Baru di Android Marshmallow