Angry Birds 2 Sekuel Yang Tak Boleh Dilewatkan




 https://lh3.googleusercontent.com/b2HgIfvwZA8rVEQtGEw9Jn5NHTpQXZ1NVm0M6ssLv4fO3dRUB4dgnk3KdgGKD1LpDzk=h900

Membuat sekuel dari sebuah game, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi untuk ranah game mobile melanjutkan sebuah seri game agar dapat telap dimainkan ibaral Yin dan Yang bisa mendompleng sukses atau malah sebaliknya. Beruntung jika game yang hendak dibuat sekuelnya telah meraih kepopuleran sedemikian rupa hingga meraup penghasilan jutaan dolar. Hal tersebut terjadi pada Rovio, developer game asal Finlandia yang meraih kesuksesan besar berkat game Angry Birds yang sudah membumi di jagat game mobile, dan membutuhkan waktu hingga enam tahun untuk merilis sekuelnya, Angry Birds 2.

Butuh waktu yang lama bagi Rovio agar dapat menelurkan seri kedua dari game mobile fenomenal tersebut. Namun, bukan berarti selama enam tahun terakhir, Rovio duduk santai menunggu nama Angry Birds semakin meroket. Mereka justru telah merilis beberapa seri ekspansi dari seri perdana Angry Birds, seperti seperti Angry Birds Seasons, Angry Birds Stella, hingga berbagai seri spin-off seperti Angry Birds Go! maupun Angry Birds Transformers.

Semua seri ekspansi yang hadir memiliki kesamaan dengan gameplay yang ada di Angry Birds orisinil. Namun demikian, seri spin-off muncul dengan genre yang sama sekali berbeda. Mungkin, hal inilah yang membuat Rovio memutuskan untuk merilis Angry Birds 2, dengan rasa baru yang dinanti para penggemarnya.

Berikut ini kami sajikan ulasan khusus Angry Birds 2 yang akan menekankan ke pengalaman keseluruhan permainan, baik dari segi gameplay, konten, mode permainan dan lain sebagainya.

Gameplay Klasik, Rasa Baru


Gameplay Angry Birds 2 kembali kepada akar permainan klasik, seri perdana Angry Birds. Hal tersebut menjadi nilai tambah yang dapat membuat Rovio melesat sebagai salah satu developer game papan atas. Seperti gameplay seri terdahulunya, disini Anda akan mengontrol para karakter Angry Birds yang bisa melesat dengan katapel untuk mengalahkan para babi hijau yang berada di antara struktur objek target. Anda akan diberi kebebasan untuk menentukan urutan burung yang melesat hingga menggunakan skill spesial yang ada di setiap level. Sama halnya dengan seri sebelumnya, setiap karakter burung memiliki karakteristik dan keunikan masing-masing, sehingga keputusan dan strategi untuk menumbangkan para musuh babi hijau memiliki peranan penting di dalam permainan.

https://lh3.googleusercontent.com/bkdk0KFiayNGnfzjYjTzVTQoOjKEp1GUYW92xANEJz00iOMg59QPe3AtpKVbQU1PbQ=h900

Namun, kebebasan yang diberikan di sini rupanya sekaligus menjadi keterbatasan yang dihadapi oleh para pemain. Jumlah burung yang tersedia sangat terbatas sehingga pemain harus pintar-pintar mengatur langkah. Selain itu, jumlah skill spesial yang dapat digunakan juga tidak dapat ditambah kecuali melakukan penukaran gem.

Konten Gratis Memiliki Konsekuensi


Berbeda dengan seri Angry Birds yang pertama kali dirilis sebagai game berbayar, Angry Birds 2 justru hadir sebagai game free-to-play sejak pertama kali diluncurkan di Android maupun iOS. Semua pengguna smartphone bisa menikmati seluruh isi game dengan cuma-cuma dan tidak perlu membayar apa-apa lagi. Penggratisan konten ini rupanya menghadirkan sebuah konsekuensi dimana mengubah pengalaman yang pernah orang rasakan ketika bermain Angry Birds pada tahun 2009 lalu. Apabila dulu para pemain bisa menikmati game sepuasnya setelah membayar di awal, maka Angry Birds 2 memiliki berbagai macam batasan yang membatasi waktu secara menyeluruh.

Hal pertama yang mirip dengan game free-to-play lain adalah kehadiran sistem energi. Di sini, pemain dibatasi dengan jumlah energi yang hanya berjumlah lima selama permainan. Energi ini nantinya akan berkurang apabila pemain gagal menyelesaikan sebuah level dan bertambah setelah menunggu sekitar setengah jam.

Hal kedua yang muncul sebagai konsekuensi logis dari permainan ini adalah sistem pengaturan level. Semakin jauh progres pemain di Angry Birds 2, maka tantangan yang ditemukan akan menjadi semakin sulit untuk diselesaikan secara normal. Kesulitan tantangan ini seakan-akan memaksa para pemain untuk menggunakan skill spesial yang hanya tersedia secara terbatas. Stok skill tersebut bisa bertambah dengan menukar sejumlah gem. Namun, Rovio rupanya mengatur perolehan gem di sini sedemikian rupa sehingga hanya bisa didapatkan dengan cara menyelesaikan misi atau menebus IAP (In-App Purchases).

Bagaimanapun, semua keterbatasan tersebut sedikit terbantu dengan opsi dimana pemain bisa melihat tayangan iklan. Dengan bersedia untuk melihat sebuah tayangan iklan, pemain akan diberikan kesempatan ekstra untuk mengulang kembali permainan atau mendapatkan tambahan burung untuk dilempar. Selain fitur iklan, pemain juga dapat menghubungkan Angry Birds 2 dengan akun Facebook masing-masing. Pemain yang terhubung dengan jaringan akun Facebook dapat menantang sesama pemain  lain untuk memperebutkan reward secara periodik.

Dua Mode Permainan Baru, Lebih Menantang

Angry Birds 2 menghadirkan dua mode permainan baru untuk membuat Anda lebih terhibur. Mode permainan utama akan menantang pemain melewati ratusan level di sepanjang permainan Rovio bahkan telah menyiapkan 240 level pada saat game ini dirilis, dengan kemungkinan nantinya terdapat penambahan level di waktu mendatang.

  Angry Birds 2- tangkapan layar

Bila pemain menginginkan selingan dari mode permainan utama, Rovio juga telah menyediakan mode Stadium yang memberikan tantangan menyerupai endless runner game. Di mode ini, pemain akan diuji untuk menyelesaikan sebanyak mungkin puzzle dengan sekumpulan burung dalam jumlah yang terbatas.

Mode Stadium tidak hanya menyediakan selingan permainan, tapi juga memberikan reward berupa bulu burung. Bulu-bulu yang terkumpul bisa digunakan untuk melakukan upgrade terhadap kemampuan karakter burung sehingga menjadi semakin kuat.

Tampilan Animasi Lebih Hidup

Dari semua seri Angry Birds yang pernah dirilis Rovio, mulai dari seri pertama sampai seri ekspansi dan spin-off‘, tampilan visual yang hadir di seri kedua Angry Birds ini dinilai memiliki tampilan terbaik dari semua seri Angry Birds.

Tampilan karakter burung pemarah maupun para karakter antagonis babi hijau di sini terlihat sangat hidup. Masing-masing karakter digambarkan lengkap dengan emosi yang begitu nyata, namun tetap komikal ala Angry Birds. Detail pada level maupun peta pada game juga terlihat tajam, Rovio sepertinya memang sangat detil memoles perihal visual agar tampil sangat sempurna di Angry Birds 2. Untuk urusan audio, Rovio tetap mempertahankan nuansa menyenangkan dan bersemangat yang menghiasi seri Angry Birds. Pemain akan ditemani dengan musik latar ceria serta efek-efek suara khas Angry Birds yang semakin memeriahkan suasana permainan menjadi lebih seru dan menyenangkan.

  Angry Birds 2- tangkapan layar

Kesimpulannya, Angry Birds 2 merupakan salah satu permata yang berhasil dipoles sedemikian rupa oleh Rovio. Setelah mencoba game ini selama kurang lebih seminggu, kami nilai Angry Birds 2 memiliki banyak peningkatan dan tentunya hadir lebih baik dari seri-seri terdahulu. Angry Birds 2 merupakan sekuel yang cukup Iayak setelah menunggu selama enam tahun. Rovio telah berhasil menunjukkan bahwa mereka merupakan developer game papan atas dengan pengalaman yang matang Iewat hasil jerih payah mereka dalam mengembangkan Angry Birds 2.Apabila Anda merupakan pencinta Angry Birds atau sekadar ingin mencari permainan kasual, maka game ini merupakan sebuah game sekuel yang tidak boleh Anda lewatkan.

Spesifikasi
Developer: Rovio
OS: Android dan IOS
Price: Free
(+): Pemain akan disajikan dengan presentasi permainan yang sangat menghibur. Selain itu, Angry Birds 2 juga menghadirkan mekanisme gameplay yang semakin beragam dan seru seiring progres permainan yang dilewati.
(-): Layaknya game free-to-play lainnya, pemain akan diberikan kebebasan bersyarat ketika bermain Angry Birds 2 dengan berbagai batasan yang dimiliki.

Sumber: MOS Magazine

Comments

Popular posts from this blog

Game Tahu Bulat : Game Lokal yang Geser Peringkat Clash of Clans

Review Rise of The Tomb Raider

Fitur Baru di Android Marshmallow