7 Cara Menghemat Paket Internet




Solusi ini dibuat untuk mengakomodir keborosan Android dalam menguras layanan data.

Pernahkah kalian merasa jengkel ketika paket internet atau data seluler Anda habis? Rasa-rasanya baru kemarin beli paket internet, namun kenapa cepat habis? Pasti kalian pernah merasakan hal itu bukan?

Internet saat ini sudah merupakan sebuah kebutuhan bagi orang banyak. Dengan hadirnya smartphone, membuat pengguna internet beralih ke perangkat tersebut. Semua dapat dilakukan melalui perangkat itu. Apa lagi jika layanan data internetnya aktif. Semua hal dapat dieksplor bila memiliki data seluler.

Untuk menyiasati borosnya paket internet, kami punya beberapa tips untuk menghemat paket internet atau data seluler. Tertarik? Berikut beberapa tips untuk menghemat paket internet Android.

1. Matikan konektivitas internet saat tidak membutuhkannya

Hal paling sederhana untuk menghemat paket internet Anda salah satunya matikan paket internet saat tidak mernbutuhkannya. Kalian baru mengaktifkan paket internet tersebut ketika membutuhkannya saja. Cara untuk mematikan konektivitas internet gulirkan jari Anda dari atas layar. Lalu matikan konektivitas internet. Sangat mudah bukan?

2. Matikan fitur Auto-Sync di saat tidak perlu mengaktifkannya

Fitur Auto-Sync terhubung langsung dengan akun Google pengguna smartphone. Jika fitur Auto-Sync merasa tidak perlu digunakan, alangkah baiknya fitur tersebut dimatikan. Karena fitur itu juga dapat menyedot banyak paket internet Anda. Cara mematikan fitur tersebut gampang. Cukup gulirkan jari kalian dari atas layar. Lalu matikan fitur Auto-Sync.


3. Matikan fitur Auto-Update Google Play

lni merupakan hal yang terpenting bagi kalian pemilik smartphone ber-platform Android. Nyatanya fitur Auto-Update merupakan fitur yang dapat memakan banyak kuota paket internet Anda. Karena fitur Auto-Update selalu lakukan update aplikasi yang terdapat pada smartphone pengguna. Cara mematikan fitur tersebut cukup mudah. Buka aplikasi Google Play>Settings> Matikan fitur Auto-Update Apps.


4. Manfaatkan fitur Wi-Fi

Sepertinya cara ini kebanyakan orang tahu. Nyalakan fitur Wi-Fi ketika layanan Wi-Fi tersedia. Pemikiran ini sepertinya sudah melekat pada orang Indonesia. Jika ada yang gratisan, kenapa harus bayar. Cara aktifkan fitur Wi-Fi sangat gampang. Gulirkan jari Anda dari atas layar. Lalu aktifkan fitur Wi-Fi. Seketika fitur Wi-Fi pun nyala. Kalian pun kini dapat menghemat paket internet.
  
5. Pilihlah aplikasi browser yang tepat

Memilih aplikasi browser sembarangan dapat menyedot paket internet Anda. Oleh sebab itu pengguna smartphone Android harus bijak dalam menggunakan aplikasi browser. Aplikasi Opera Mini dan UC Browser merupakan aplikasi browser yang tepat untuk menanggulangi paket internet yang boros.


6. Ubah resolusi video dalam aplikasi YouTube

Bagi pengguna yang demen untuk menonton video dalam aplikasi YouTube. Alangkah baiknya jika kalian semua menurunkan resolusi video dalam apiikasi YouTube. Penurunan resolusi ini nyatanya dapat menghemat pemakaian paket internet. Cara mengubahnya cukup gampang. Buka aplikasi YouTube> Pilih video yang akan di tonton> Tekan ikon tombol tiga titik di pojok kanan atas> Pilih menu Quality> Pilih resolusi video paling kecil.




7. Matikan fitur Auto-Download di dalam aplikasi chatting

Misal kalian memiliki aplikasi WhatsApp pada perangkat Android. Tahukah jika dalam aplikasi WhatsApp ada fitur Auto-Download di dalamnya? Fitur tersebut dapat secara otomatis download suara, gambar, maupun video. Oleh sebab itu lebih baik jika fitur tersebut segera dimatikan. Caranya buka aplikasi WhatsApp> Tekan ikon tombol tiga titik di pojok kanan atas> Pilihh menu Settings> Ketuk menu Chat and Calls> Pilih menu Media Auto-Download> Non-aktifkan seluruh kotak yang ada.




Sumber: SINYAL Magazine

Comments

Popular posts from this blog

Game Tahu Bulat : Game Lokal yang Geser Peringkat Clash of Clans

Review Rise of The Tomb Raider

Fitur Baru di Android Marshmallow