Game Tahu Bulat : Game Lokal yang Geser Peringkat Clash of Clans


Salah satu game buatan pengembang Indonesia, tiba-tiba jadi fenomenal. Hingga 25 Mei, Game Tahu Bulat menempati urutan pertama di daftar puncak Google Play Store. Pada daftar Top Free Game, Game Tahu Bulat telah berhasil menggeser posisi Clash of Clan. Bila tren ini berjalan terus dengan baik, bukan tidak mungkin game Tahu Bulat akan jadi rival.

Tahu Bulat, tidak lagi asing bagi telinga kita. Ini adalah makanan ringan tradisional yang sering dijual di kaki lima. Judul game yang dipilih memang terdengar kocak. Menggelitik rasa penasaran, tidak tunggu lama-lama kami langsung mengunduhnya.

Apa betul game Tahu Bulat ini punya kans untuk menjadi game Android favorit berikutnya? Berikut ulasan kami mengenai game Android yang satu ini.

User Interface

Ketika kami memasuki dunia yang dibangun game Tahu Bulat, kami melihat pendekatan desain yang sederhana di dalamnya. Malah kami jadi teringat game flash zaman PC dahulu kala. Akan tetapi sentuhan ulang pada desain membawa sesuatu yang menyegarkan.

Own Games berhasil menggambarkan lingkungan khas Indonesia dalam kotak game yang sempit. Beberapa ruang sempit berhasil diberi ikon-ikon daerah yang khas. Ada siluet jembatan Pasupati. Lalu ada mobil pick up putih yang memang seringkali dipakai sebagai warung kaki lima keliling.


Tokoh Abang penjual Tahu Bulat juga nampaknya masih muda. Musiknya juga lucu nan rancak diiringi angklung bermelodi khas Sunda. Hal yang membuat tetap tersenyum adalah dengan efek suara speaker kocak.

User Interface Tahu Bulat sangat sederhana. Bahkan pemain tidak perlu berpindah halaman untuk bermain game ini secara keseluruhan. Semua menu, item, settingan diletakkan dalam satu halaman.

Navigasinya juga cukup jelas. Di pojok kiri atas ada poin dan waktu. Lalu di pojok kanan atas ada keterangan jumlah penjualan per menit, dan harga tahu per biji.

Di tengah-tengah layar ada tokoh penjual Tahu Bulat yang berjualan dengan mobil pick up. Setiap 10 detik sekali seorang anak kecil akan datang membeli tahu bulat. Untuk mendatangkan pembeli lebih cepat dan lebih banyak, pemain tinggal menyentuh layar saja.

Kemudian beralih di bagian paling bawah, ada kolom-kolom item yang harus dibeli. Ini untuk meningkatkan penjualan. Ada speaker, dapur, tenda, mobil, resep, strategi promosi, dan lain-lain.

Fitur

Permainan ini cukup sederhana. Pemain hanya tinggal memencet layar untuk mendatangkan pembeli sebanyak-banyaknya dan secepatnya. Namun tentunya pemain harus meningkatkan kualitas dagangan dan lapaknya, agar menghasilkan uang lebih.

Hasil penjualan inilah yang akan jadi modal untuk meningkatkan investasi. Setiap item punya level tertentu untuk dicapai. Misalnya speaker, punya level 1-100. Setiap item punya harga tersendiri. Dari puluhan rupiah sampai puluhan juta rupiah.


Mengumpulkan item inilah jadi titik serunya. Karena Anda harus terus menerus bermain game ini untuk mencapai modal yang diinginkan. Semakin tinggi Anda ingin mencapai level item yang dibeli, semakin ketagihan Anda bermain game ini. Di bagian bawah masih banyak sub menu yang bisa diakses. Ada menu mobil, resep, promo, loarang kemudian menu settings. Bila pemain berhenti, secara otomatis pembeli akan terus datang dengan inteval waktu yang sudah diatur.

Kinerja

Karena ukuran file yang kecil, maka game ini tidak memaksa hardware bekerja keras. Spesifikasi Android yang bisa memainkannya juga cukup luas. Dari Android v2.0 sampai yang tercanggih, sudah bisa memainkan Tahu Bulat.

Permainannya juga mudah dipahami. Game ini cukup direkomendasikan bagi anak-anak. Namun unsur menghiburnya jauh lebih kental daripada unsur edukasinya.


Tahu Bulat belum mampu membuat pemainnya ketagihan. Karena tantangannnya sebenarnya kurang mendalam. Hanya mengandalkan item- item yang harus dibeli membuat kesenangannya kurang. Catatan lain dari kami, ada bugs yang membuat game ini kurang sempurna. Saat pemain mengetuk layar dengan cepat, pembeli akan berkumpul lebih banyak.

Saat pembeli berkumpul secara bersamaan, tidak semua menghasilkan uang. Bahkan terjadi lag beberapa jenak ketika pelanggan datang sekaligus dalam jumlah banyak.

Inovasi

Tahu Bulat jadi salah satu game Indonesia yang sukses di Google Play Store. Sebelumnya ada Tebak Gambar yang memperoleh peringkat ketiga di Google Play Store Top Chart.

Pendekatan game Tahu Bulat terbilang cukup tepat di ranah game mobile. Formula untuk menjadi game laris sudah cukup pas. Pertama harus sederhana, gameplay mudah, namun memberikan tantangan yang memabukkan bagi pemainnya.


Untuk membuat adiksi atau pemain ketagihan, Tahu Bulat harus menggali terus inovasinya. Pemain harus duberi rintangan yang lebih susah lagi agar tercipta gereget pada diri pemain Sama halnya seperti Angry Birds, Flappy Bird, dan game sederhana lainnya.

Untuk grafisnya, Tahu Bulat telah sukses menghadirkan komponen lokal, terutama ikon-ikon Bandung. Selain itu pada musiknya juga disematkan unsur lokal yang kental. Dengan memasukkan suara angklung sebagai instrumennya, Tahu Bulat sukses memperkenalkan budaya lokal ke kancah internasional.

Daya Saing

Memiliki tampilan sederhana, ukuran file yang kecil, serta mudah dimainkan, membuat game Tahu Bulat punya potensi jadi viral. Terbukti dengan berhasil menggeser Clash Of Clan di posisi pertama Top Chart free game di Google Play Store.


Jumlah unduhanya memang belum mencapai angka jutaan pengguna, akan tetapi tampaknya angka yang dicapai Tahu Bulat cukup fenomenal mengingat rilisnya yang belum terlalu lama. Peluang untuk membuatnya jadi booming cukup besar. Apalagi banyak review dan berita positif  yang membahas game ini.

Akan tetapi pengguna sebaiknya menilai secara objektif sebuah aplikasi atau game lokal. Jangan karena buatan lokal, maka diunduh demi nasionalisme buta. Pengguna diharapkan mengunduh dan memberikan review objektif pada Google Play Store, sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya. lni agar pengembang bisa terus berinovasi dan memperbaiki produknya.

Kesimpulan

Game seru ini aman dimainkan anak-anak. Tahu Bulat juga sangat kompetitif, juga mampu menghilangkan kepenatan sejenak. Bagi Anda yang suka penasaran, membeli item-item hingga level atas akan memuaskan hasrat Anda memainkan game ini.


(+) Gameplay sederhana, tampilan grafis sederhana, ukuran file ringan, bisa dimainkan secara offline.
(-) Masih ada bug, kurang menantang.


Sumber: SINYAL Magazine

Comments

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    And making money with it is as simple as 1-2-3!

    This is how it works...

    STEP 1. Tell the system what affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add some push button traffic (it ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the affiliate products system grow your list and sell your affiliate products for you!

    Are you ready to start making money?

    Click here to launch the system

    ReplyDelete
  2. Did you hear there is a 12 word phrase you can say to your crush... that will induce intense feelings of love and impulsive attractiveness for you buried within his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, cherish and protect you with all his heart...

    ====> 12 Words Will Trigger A Man's Love Impulse

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will make him try harder than before to to be the best lover he can be.

    Matter-of-fact, fueling this all-powerful impulse is so important to achieving the best ever relationship with your man that as soon as you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll immediately notice him expose his mind and heart to you in a way he haven't expressed before and he will identify you as the one and only woman in the universe who has ever truly appealed to him.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Rise of The Tomb Raider

Fitur Baru di Android Marshmallow